Minggu, 20 Desember 2015

Cara mamerin stiker LINE sendiri dari awal sampai lahir!


Chapter  1
          Halo kenalin,nama gue Vickram, biasa dipanggil Vickram Oscar gue kuliah di Semarang, dan gue baru semester  1 disini, gue suka banget sama hal-hal yang berbau desain dan fotografi, dan juga gue lebih ngutamain skill gue dalam dunia perfileman,yap! gue filmmaker menn!  oya sebelumnya gue adalah ank perantau yang tidak lain tidak bukan datang dari Kalimantan dan berlabuh ke pulau Jawa. Jadi gue dari Kutai Timur dan terdamparlah di kota Semarang. Tapi temen-temen gue disini baik dan ramah-ramah kok, gak ada yang resek. Hehehe. Oke selesei perkenalannya. Kita lansung ke topik pembahasan.

          Yang pertama buat temen-temen semua, kalian musti bisa nge-desain. Setidaknya sedikit bisa menguasai teknik Photoshop sama CorelDraw. Jadi di blog ini, gw recomended bagi kalian yg udh paham sama aplikasi yg udah gw sebutkan tadi. Oke. Disini gw makenya AdobePhotoshopCS6 sama CorelDraw X7. Dan juga temen-temen bisa kok makai Photoshop dan CorelDraw beda versi dari punya gue. Seperti yang gue bilang barusan, yang penting temen-temen bisa menguasai teknik editnya aja. Okeyyy



         Nah ,pertama kamu mesti punya akun LINE. Yadong.. terus coba registrasikan akun e-mail kamu ke LINE. Caranya ada di internet cari tau sendiri ya, jangan manja :b. Terus kalo udh register, Kamu buka link resmi line yang buat stiker itu. Jadi kamu klik aja di mbah gugel “Line Creator Market” . disini kita santai aja ya, rundown gitu jadi pokoknya semudeng kalian lah gue arahin kalian. Insyaallah.




Habis itu kamu klik pedoman,
 




          Kamu baca deh, disitu ada syarat dan ukuran  gambar yang boleh kamu setor ke LINE itu sendiri. Jadi kamu pahami betul-betul apa yang udah di tulis di pedoman tsb. Sumpah, awalnya gue bingung banget. Pokonya sempat revisi 4x baru stiker gue keterima. Hfft bosenin. Jadi intinya kamu mesti buat stiker tuh yang bener-bener ilustrasi. 2D maupun 3D. Nah, disini kita punya otak, buat ngakalin, karena waktu itu, awalnya aku coba buat karikatur mukaku sendiri, eh gagal. Habisnya waktu itu gw gk baca baik baik isi pedomannya sih. Kena copyrights pula. Aduh bodohya.. hehehehe




          Oh iya! Selain muka sendiri kamu juga bisa bikin karakter sendiri kok, tapi disini gue cuman jelasin prosesnya cara bikin pake muka sendiri aja yah.. soalnya , kan keren tuh kalo pas kita nge-chat sama temen kita, eh tau tau stikernya itu muka kita sendiri.. wkkwk

           Nah udah dibaca belum pedomannya? Oh iya, Itu cuman intinya aja loh yg di perlihatkan,sebenarnya masih banyak aturan-aturan yg mesti kamu baca lagi di dalam website itu. Coba aja deh kamu buka semua tautan yang ada disitu. Next,  kalo udah kamu klik “Halaman Saya” dan login..


Setelah itu , ntar muncul tampilan kayak gini..


          Oh iya, satu yang ketinggalan. Kamu harus punya akun paypall men! Paypalnya yang premier ato business  tapi ya. Itu yang bakal jadi wadah penghasilanmu ntar.. jadi caranya kamu buka “account setting”, dan kamu isi semua data kamu yang bener dari basic information sampe ke transfer information. Jadi kamu isi aja, sejujur dan skreatif kamu. Jadi kamu gak harus punya sertifikat  terikat, atau apalah gitu. Yaa pokonya bebas. Siapa saja boleh bikin stiker LINE. Awalnya juga aku mikir, ah ribet nih kayanya,tapi pas aku coba nekat isi setauku. Ehh lolos lolos aja tuh.. hihii.. 




          Terus, bagi kamu yg gak punya akun paypall . buat dulu. Kemarin aku nyari jasa pembuatan paypall di kaskus/fesbuk (dahlupa--“), terus dapet orang dari Jambi,awalnya sih ragu. Tapi namanya juga modal kepercayaan, Alhamdulillah orangnya itu jujur. Dan alhasil akun paypall gue terverivikasi selama 3 tahun menn... jadi aman lah kalo urusan paypal. Nah oke kita kembali ke topik pembahasan.

Kamu klik “NEW SUBMISSION”



          Isi sesuai data yang ada di account settings tadi. Kalo udah kamu tinggal upload foto kamu satu per-satu. Ikutin aja langkah-langkahnya disitu Dan tinggal kamu submitted\kirim  deh.. nanti bakal ada prosesnya, dari waiting for review, in review dan hasil. Approve atau Rejected. Dan jika berhasil atau enggaknya pihak LINE akan ngasih tau lewat e-mail kamu,yang udah kamu daftarin sebelumnya. Jadi pokonya kamu tuh kaya lagi ngelamar pekerjaan.Tapi bisa cek di link-nya itu juga kok. Deg-deg serr gitulah....

          oh iya kemarin gue durasinya sekitar 2 mingguan baru ada kabar keterima apa enggaknya,, kadang ada yang sebulan,seminggu,bahkan sampe 3 bulan.. hmm tipsnya ya.. di stiker jangan terlalu banyak make kata-kata ajasih, biar kalo pihak LINE nya ngoreksi gak kelamaan. Kayanya sih gitu. Soalnya gue taunya dari anak-anak komunitas LINE Stiker se –Indonesia gitu... kamu-kamu juga bisa join kok.






Chapter 2

          Sekarang kita masuk ke tahap pengeditan. Ginih,di photoshop kamu mesti instal TopazClean. Itu gunanya , agar kamu bisa membuat gambar kita itu seperti keliatan kaya kartun gitu. Cara efektif daripada menggunakan CorelDraw secara murni, dan itu akan memakan waktu yang cukup lama men.

          Nah pertama kamu motret dulu, seperti di atas ini, eh terserah sih, suka-suka kamu aja modelnya gimana.. 
  
         Yang kamu ikutin bukan ekspresinya loh ya,tapi ukurannya, pokoknya sekitar medium shoot gitu. Setengah badan. Nah kalo udah masukin ke photoshop.


Dan coba lu crop,dan hilangin bagroundnya pake magic eraser tool atau pen tool terserah,gue cmn butuh orangnya,bukan bagroundnya.


          Kalo udah, coba kamu, permantap dulu hasil potonya, mulai dari ngatur level,exposure,sampe ke colour balancenya. Nah setelah itu Kamu save deh dalam bentuk png. Setelah itu kita pindah ke CorelX7. Mengapa  Corel? Yaps di corel , kamu musti buat alur ilustrasinya gitu, apa istilahnya, gw gatau. Ituloohh yang di pinggir pinggir kaya komik gitu.. gini nih..





           Aku juga gak pernah make AdobeIlustrator sih, soalnya belum dapet  softwarenya,makanya pakenya corel sama photoshop. Terus ,kalo udah tebentuk semua garis itemnya,coba terus ke mukanya, pokoknya kamu make up secakep mungkinlah. Oia, biar keliatan kayak kartun coba kamu tumpukin warna-warna kulit gitu ke wajah nya, kayak gini.
 

terus kamu transparankann warnanya..
 


          Kalo udah, silahkan kamu buat vector mukannya secara detail, dari mata,mulut,rambut,sampai bajunya, ngerti vector kan?? Kalo gk cek di yotube, “cara membuat vector”. Dan bagian ini adalah proses yang sangat membosankan, mood-moodtan nih.. hehehe nah  Kalo udah, jadi gini...


Setelah itu kamu save dalam bentuk png, dan silahkan kembali lagi ke photoshop.



Disini kamu atur lagi, dari kecerahannya,sampai ketajamannya, dengan level atau exposure. Dan kemudian kamu crop.


          Setelah itu buka new layer, dengan ukuran seperti aturan yang sudah ditetapkan sama LINE. Pokonya terserah intinya jangan sampai melebihi aturan yang sudah ditetapkan. Nah, disini aku ngambil ukuran amannya saja, yaitu ukuran 300x320 dgn resolusi 72pi..


Kalo udah, silahkan sesuaikan sama fotomu tadi , ingat di frame harus ada jarak beberapa pixel gitu, jadi gk full mepet.. kayak gini.



Setelah itu,coba kamu tambahkan layer baru,dengan warna ijo, untuk mengetahui gambarnya udah bersih apa gk.. dan kalo gk, berarti tinggal kamu bersihkan dengan eraser..



Nah kalo udah, silahkan masuk ke topazClean, 



Terserah mau pake yang jenis mana, pokoknya atur aja menurut kesukaan mu, nah, tahap akhir, tinggal masukkan, kata-kata,atau pernak pernik gitu.. dan hasilnya..


Kemudian tinggal kamu save dalam bentuk png. Dan siap di upload ke "LINE CREATOR" Sesuai dengan chapter 1 tadi. Begitu seterusnya sampai 40 karakter.



 Usahakan dalam bahasa yang sopan ya,biar gak kena reject dari pihak LINE nya hiihi udah selesai. Tinggal tunggu e-mail masuk dari pihak LINE dan siap dijual deh,, Dan kamu juga punya hak untuk memberhentikan jualan mu itu dengan klik STOP SALE kok. :)

Dan tinggal kamu promosiin deh ke temen-temen,gebetan,guru, maupun pacar kamu!



 Ehh  kalo ada pertanyaan,saran,atau kritik, add line ku aja, vickramoscars atau komentar di bawah. Oke. Assalamualaikum. senang bisa membantu.. :)


Sumber :



32 komentar:

  1. Gan, kalo pake foto kayak tokoh idola gitu, dari line dibolehin gak ??thx

    BalasHapus
  2. Gan, kalo pake foto kayak tokoh idola gitu, dari line dibolehin gak ??thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa :') nanti kena rejected karena copyrights(hak cipta). aku udh pernah coba sebelumnya gan.. hehe

      Hapus
  3. Kak kali alamat 2 sama name of application itu maksudnya gimana

    BalasHapus
  4. Gan mau tanya, kalo misalkan sticker di reject karna problem seperti berikut di bawah ini kira kira solusi nya bagaimana ya ?
    ——————————————————————————————–
    Fields: All stickers

    1.3. Images that are anything other than illustrations, such as photographs
    5.4. Stickers that make use of material without proven permission from the copyright owner

    Stickers that ostensibly incorporate photographic images, edited or otherwise, into their design are in violation of the above guidelines.

    Additionally, please provide documentation that confirms that you have permission from the model to use these illustrations. You can provide any type of information
    as long as we can confirm that you have permission to use this content.
    ——————————————————————————————–

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tandanya editan mas bro masih keliatan kayak muka asli,(bukan kartun).. trus yg kedua mas bro dsruh minta izin dlu sma objek yg mas bro jdiin stiker dgn cara dibikiinin surat peryataaan gtu.. tpi skrg line udh buat aturan baru kok, udh bsa pake muka sendiri, ntar gua bikinin tutorial nya yak, udh jdi, tinggal di edit videonya hehe

      Hapus
  5. thanks. membantu banget. walaupun gue belum pinter photoshop dan corel, tapi bisalah belajar dulu.

    BalasHapus
  6. Kalo ngirimnya 32 aja bisa nggak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 8 pun bisa. skrg line udh bikin peraturan jumlah stiker line dri 8,16,32,sampe 40 setauku sih gtu hehe

      Hapus
  7. mas, mau tanya nih. jika sticker line sdh di "approved" dan saya jg sudh klik tombol "Release" kemudian langkah apalagi ya yg harus di lakukan buat download atau beli ?

    karna saya search di store belum muncul. apakah ada langkah lain ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah biasanya dalam beberapa jam udh masuk di daftar line stor kok, trus ntr cara belinya ya seperti mas bro bli stikeer, pake coin, atau pulsa..

      Hapus
  8. Kalau boleh usul, background blog-nya kalau dibuka lewat hp, tulisannya enggak kontras. Jadi susah baca hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya? padahal udh dikasih hitam putih, okay maaf ya hehehee ntr ditunggu aja tutorial via video di yutub nya.. okay

      Hapus
  9. Bro numpang nanya nih, saya kan udah request trus statusnya itu dr waiting review jd process, itu kenapa ya? Pd hal biasanya dr waiting review jd in review. Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, tandanya itu bakal ada jawaban antara approve sama enggak :) biasanya sih gitu

      Hapus
  10. Wah iya bener mas baru aja di approved dan sekarang udah on sale di LINE Store hehehe,, bisa lihat di http://line.me/S/sticker/1387119 (cocok buat anak kuliahan). Smoga sukses ya mas blog dan stickernya, mari sama" mendukung karya anak negeri :)

    BalasHapus
  11. Gan biasanya peroses pertinjauannya selesai berapa hari ya?
    Sama kalo dari indonesia ngga pake P3B pajaknya besar ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kembali ke tujuan awal, gw gak trlalu paham soal begituan soalnya gw niatnya cuma berkarya gtu aja gtu pamerin ke anak anak hahah jadi ga trlalu merhatiin marketingnya hehee

      Hapus
  12. klo baru pertama submit dan belom pernah revisi sih biasanya sekitar 1 minggu - 2 mingguan tp bisa lebih jg bro. Lumayan kena 20% pajaknya klo gak ada P3B. Kalo saran saya liat dulu aja dr penjualan stickernya, misal stickernya kejual banyak nah baru tuh ngurus P3B nya. Soalnya klo cuman sedikit gak begitu terasa kok pajak 20%nya.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kak.. fast respon ya kak, cara isi "surat persetujuan menggunakan foto pada stiker" itu gimana ya kak? Saya ini pake android. Makasih ya kak sebelumnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama km print, trus tulis nama, tanda tangan. trus scan :) formnya ada di website itu kok

      Hapus
  15. kalo mau nanya nanya move ke line aja yak vickramoscars :)

    BalasHapus
  16. oh iya ini gw udah bikinin versi video nya,lansung dimari aja yak gan! :)
    Tutorial Stiker Line : https://youtu.be/1JsnNyQ80e8
    Tutorial Grime Art : https://youtu.be/0cLmuebC7eg
    oke semoga ngebantu :)

    BalasHapus
  17. Kalau ngambil uangnya bisa pake atm m*nd*r* gak?

    BalasHapus